0 items Rp ,-
Buku Hindu
Berpunia


Foto Kegiatan

Anggota Baru

  • Made Ina Chrissanti
  • Gede  Astawo
  • Wayan Suardika
Total Anggota = 124 orang

Apa Kata Mereka

I Putu Edi Mardika

Om Swastyastu, terima kasih dengan adanya website bukuhindu.com saya sangat m..

Wayan Lancar

Kami umat Hindu yang berada diluar Bali sangat membutuhkan buku-buku Agama..

Dudik Mahendra

Web BukuHindu.com seperti menemukan jarum di tumpukan jerami, sungguh memb..

Statistik Pengunjung


226358

Pengunjung hari ini : 142
Total pengunjung : 25480

Hits hari ini : 310
Total Hits : 226358

Pengunjung Online: 4



Judul :
Catur Purusartha (Empat Tujuan Hidup Umat Hindu)
Nama Pengarang :
Drs.K.M. Suhardana
Harga :
Rp 28.000,-
Kategori :
Pengetahuan Agama
Dilihat :
143 Pengunjung
Jumlah Pembelian : 
 
Bookmark and Share
ISBN :
978-979-722-486-8
Jumlah Halaman :
168
Ukuran Buku :
145 x 205 mm
Tahun Terbit :
2007

Deskripsi

Umat Hindu seyogyanya memahami tujuan hidupnya sebagai manusia, yang dinamakan Catur Warga atau Catur Purusartha yang terdiri atas Dharma, Artha, Kama dan Moksa. Setelah mengetahui tujuan hidupnya, maka umat Hindu tentu harus melaksanakan dengan benar apa yang disebut Tri Warga yaitu Dharma, Artha dan Kama atau tiga tujuan hidup yang selalu harus terjalin erat untuk tercapainya tujuan hidup tertinggi atau Moksa.

Buku kecil ini mencoba merangkum berbagai pendapat tentang Catur Purusartha. Disamping itu diuraikan juga tentang Catur Asrama dan bagaimana hubungannya dengan Catur Purusartha. Dilengkapi juga dengan berbagai Mantram Kitab Suci Weda dan Sloka-Sloka Kitab Manawa Dharmasastra, Sarasamuccaya dan lain-lain, sebagai landasan dasar atau acuan untuk pelaksanaan Catur Purusartha dimaksud.


Biografi Penulis

Penulis buku ini lahir di Klungkung tanggal 20 Nopember 1936. Sejak tahun 1957 sampai 1998 menjadi pegawai Bank Rakyat Indonesia dan anak perusahaannya Bringin Jiwa Sejahtera.

Pendidikan formal-informal :
    1) SR di Gunaksa/Klungkung
    2) SMP di Klungkung
    3) SMEA di Surabaya
    4) Pendidikan Administratur BRI, Jakarta
    5) Kader Bank A/B, Jakarta
    6) Tata Buku A/B, Jakarta
    7) Notariat, Jakarta
    8) Fakultas Ekonomi - Ekstention UI Jakarta (tidak selesai karena pindah ke daerah), S1 Administrasi Niaga/Business Administrator (UNTAG Jakarta, 1969).

Seminar yang pernah diikuti :
    1) Bangking Agriculture (Manila)
    2) Bangking Management (Singapore)
    3) Business Management (Singapore)
    4) Information Technology I (Las Vegas)
    5) Information Technology II (Hanover)
    6) Management Pertanian (IPB Bogor)
    7) Business Management (LPPM Jakarta)
    8) Kepemimpinan/Management (LAN Jakarta)

Selama sekitar 41 Tahun malang melintang di Bank Rakyat Indonesia dan anak perusahaannya, pernah beberapa kali bertugas keluar negeri dalam rangka seminar termaksud di atas. Juga pernah bertugas ke Malaysia, Hongkong, Bangkok, Jepang, Italia, Prancis, Swis, Belgia dan Belanda. Setelah pensiun pada akhir tahun 1998, menyibukkan diri dengan lokakarya-lokakarya pengobatan alternatif seperti :
    1) Reiki I, II, III A dan III B
    2) Prana Basic, Lanjut, Kristal, Psikoterapi, Kriya Shakti sampai Yoga Arhatic
    3) Samballa Basic dan Advance
    4) Prana Shakti Dharana
    5) Prana Shakti Dhiyana
    6) Hypnotherapy Fundamental
    7) Advanced Hypnotheraphy
    8) Love and Light - Basic (Energi cinta kasih dan cahaya Ilahi).

Sekarang ini berkeinginan menyampaikan persembahan, dharma bhakti atau yadnya kepada umat sedharma, berupa buku-buku yang telah ditulis sejak tahun 2001 berupa 1) Babad Keloping, 2) Pengantar Pedoman Sembahyang Umat Hindu, 3) Babad Nyuhaya, 4) Sejarah dan Babad Keloping, 5) Babad Arya, 6) Dasar-dasar Kepemangkuan, 7) Pengantar Etika dan Moralitas Hindu, 8) Pengantar Beberapa Pemangku, 9) Memaknai Kesejagatan Agama Hindu, 10) Menelusuri Kawasan Suci Hindu Berbekal Kitab Suci Weda, 11) Yama Niyama Brata, 12) Introspeksi Diri, 13) Ken Dedes - Ken Arok, 14) Upawasa, Tapa dan Brata, 15) Tri Kaya Parisudha, 16) Catur Purusartha, 17) Dasar-Dasar Kesulinggihan dan, 18) Puja Tri Sandhya, Kramaning Sembah dan Kidung Dewa Yadnya.

Pengalaman di bidang kemasyarakatan : 1) Pada tahun 1962. berpartisipasi dalam pendirian Universitas Negeri Nusa Cendana di Kupang sebagai Bendahara. 2) Pada tahun 1981 sampai 1983 menjadi Ketua Pembangunan Pura "Kerta Jaya" di Tangerang. 3) Sejak awal Juni 2001 sampai akhir Mei 2006 selama 5 tahun ngayah sebagai Ketua Umum Pengurus Pura Batur dan Pura Dalem Keloping di desa Sampalan - Klungkung, yang disungsung oleh lebih dari 400 kepala keluarga Krama Dadia Warga Keloping pratisentana Sri Nararya Kresna Kepakisan. 4) Pada tahun 2003 memperoleh kesempatan untuk menyucikan diri dengan pawintenan Pemangku di desa Sampalan, Klungkung dan kemudian dilanjutkan dengan pawintenan Pemangku di Pura Dasar Buwana Gelgel. Kini ngayah sebagai Pemangku di Sanggah - Merajan sendiri dan di Pura Paibon keluarga.