0 items Rp ,-
Buku Hindu
Berpunia


Foto Kegiatan

Anggota Baru

  • Ni Ketut Resi Yuliari
  • Maria Elisabeth Cintya Devina
  • Gde Krisna
Total Anggota = 386 orang

Apa Kata Mereka

Sudarsana Igd

Suksma BukuHindu.com, Tiang sudah terima bukunya. sesuai namanya BukuHindu.co..

I Gst Ngurah Arya Wiratna

Sangat membantu Umat Hindu yang ada di luar Bali untuk mendapatkan buku-buku ..

I Putu Edi Mardika

Om Swastyastu, terima kasih dengan adanya website bukuhindu.com saya sangat m..

Statistik Pengunjung


878711

Pengunjung hari ini : 100
Total pengunjung : 50855

Hits hari ini : 1799
Total Hits : 878711

Pengunjung Online: 8



Judul :
Yajur Veda
Nama Pengarang :
Agus S. Mantik
Harga :
Rp 30.000,-
Kategori :
Veda
Dilihat :
1621 Pengunjung
Jumlah Pembelian : 
 
Bookmark and Share
ISBN :
979-9044-35-9
Jumlah Halaman :
180
Ukuran Buku :
20.5 cm.
Tahun Terbit :
1998

Buku Lainnya

Brahma Sutra..

..

Rp 80.000,-

Upanisad - Upanis..

..

Rp 138.000,-

Kemah Sadhana..

..

Rp 24.000,-

Deskripsi

Veda adalah sumber utama dari ajaran agama Hindu. Bail pandangan hidupnnya, pola politiknya maupun cara-cara memandang masalah-masalah yang langsung dihadapi mereka. Vedo akhile dharma mulam. Demikian dinyatakan oleh Maharsi Manu di dalam ajarannya yang ditulis oleh Bhagavan Bhrgu di dalam buku Manavadharmasastra, Bab II mantra 6. Bedasarkan ajaran itu Bhagavan Vararuci lebih lanjut memberi uraian mengenai Veda sebagai sumber ajaran agama Hindu, sair 37-40.

Untuk memperlajari agama Hindu berarti orang harus mengenal yang disebut Catur Veda itu, yaitu Rg Veda, Yajur Veda, Sama Veda dan Atharva Veda. Tiga yang pertama dikenal sebagai Veda Trayi sedangkan Artharva Veda sebagai Veda yang ke empat dikenal pula dengan nama Atharvavedasirah. Mempelajari Veda yang tergolong kitab Sruti atau kitab wahyu Tuhan Y.M.E., bukan merupakan satu hal yang mudah. Tidak hanya bahasa yang sulit tetapi makna yang terkandung didalamnya pun merupakan masalah yang harus dipahami. Karena itu kadang kala tidak jarang aku mendengar keluh kesah dari para pembaca yang mengatakan tidak saja sulit, tatapi juga sukar dimengerti maksudnya. Walaupun kitab Veda itu hampir semuanya telah diterjemahkan, namun tidak banyak yang dapat merasakan isinya dibandingkan dengan kitab-kitab Itihasa, Purana dan Smrti lainnya.

Kalau kita pelajari keseluruhannya, sesungguhnya baik Itihasa maupun Purana dan Dharmasastra, sesungguhnya dinyatakan dirangkum dan digubah berdasarkan Sruti dan Catur Veda itu. Kalau begitu dimanakah letak persoalannya?

Kitab Yajurveda, merupakan buku kedua dalam tata urutannya dari ke empat Veda itu. Rgveda merupakan kitab yang pertama dan Samaveda merupakan buku kedua.

Kitab Yajurveda yang aku terjemahkan ini, terbagi atas tiga jilid. Jilid I terdiri atas 8 adhyaya atau Bab. Keseluruhan kitab Yajurveda terdiri atas 40 adhyaya yang tiap-tiap adhyaya terdiri atas beberapa sloka atau mantra yang panjangnya tidak sama. Pada umumnya, bahkan hampir seluruh sloka ditulis dalam bentuk prosa, berbeda dengan Veda-veda lain yang mantranya ditulis dalam bentuk prosa, berbeda dengan Veda-veda lain yang mantranya ditulis dalam bentuk chanda atau puisi. Untuk gambarannya, seluruh inti Yajurveda dapat aku kemukakan dalam data sebagai berikut.

Disamping pembagian atas 40 adhyaya, kitab Yajurveda dapat pula dibagi atas dua bagian umum, yaitu yang disebut Sukla Yajurveda (Yajurveda putih) dan Krsna Yajurveda (Y