0 items Rp ,-
Buku Hindu
Berpunia


Foto Kegiatan

Anggota Baru

  • I Wayan Sumeken
  • Ida Bagus Adi  Widyananta
  • Silvia Julianti
Total Anggota = 178 orang

Apa Kata Mereka

I Gst Ngurah Arya Wiratna

Sangat membantu Umat Hindu yang ada di luar Bali untuk mendapatkan buku-buku ..

I Putu Edi Mardika

Om Swastyastu, terima kasih dengan adanya website bukuhindu.com saya sangat m..

Wayan Lancar

Kami umat Hindu yang berada diluar Bali sangat membutuhkan buku-buku Agama..

Statistik Pengunjung


318939

Pengunjung hari ini : 151
Total pengunjung : 39303

Hits hari ini : 1025
Total Hits : 318939

Pengunjung Online: 3



Judul :
Perempuan Dan Kepemimpinan Transformasional
Nama Pengarang :
Ni Putu Winanti, S.Ag, M.Pd.
Harga :
Rp 25.000,-
Kategori :
Filsafat
Dilihat :
156 Pengunjung
Jumlah Pembelian : 
 
Bookmark and Share
ISBN :
978-979-722-652-7
Jumlah Halaman :
144
Ukuran Buku :
14.5 x 20,5 cm
Tahun Terbit :
2010

Deskripsi

Buku ini merupakan hasil dari penelitian terhadap kepemimpinan transformasional para kepala sekolah di Denpasar Timur dalam meningkatkan moral kerja guru. Buku ini muncul didasarkan pada beberapa alasan yakni: Perempuan lebih mayoritas memimpin/menjadi Kepala Sekolah di Sekolah Dasar di Denapasar Timur, bellum teridentifikasi secara jelas bentuk kepemimpinan yang diterapkan oleh para kepala sekolah perempuan; para kepala sekolah perempuan belum menginsoirasi bawahan dengan semangat yang menunjukan kebanggan dan loyalitas, pade Sekolah Dasar di Denpasar Timur; dan masih terjadinya ketimpangan relasi antara laki-laki dengan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan oleh sebab itu dituliskan buku ini dengan judul "Perempuan dan Kepemimpinan Transformal" yang judul dalam hasil penelitiannya adalah "Studi Kepemimpinan Transformasional Para Kepala Sekolah Perempuan Dan Impelementasi Dimensi Sosiokultural dalam Hubungannya Dengan Moral Kerja Guru Sekolah Dasar Di Denpasar Timur" Tujuan dalam perubahan judul ini dalam buku in adalah tiada lain untuk menggugah para pembaca agar ingin mengetahui secara dalam, ada apa anatar Kepemimpinan Transformasional dengan Perempuan. Sehingga ada ketertarikan untuk membaca dan dengan membaca ini akan terkuak secara jelas bahwa perempuan melaksanakan suatu kepemimpinan yang menjadi haarapan masa depan, yakni Kepemimpinan transformasional, dan dengan menerapkan kepemimpinan transformasional tersebut ternyata para pemimpin perempuan Sekolah Dasar di Denpasar Timur dapat meningkatkan kesejahteraan para guru/dapat meningkatkat Moral Kerja Guru.

Dasar teoritis yang dijadikan acuan adalah Burn, (1978), Bass & Silin, (1985) Rosener, (2003), Suradinata, (1997), dan Sastrohadiwiryo, (2002), Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Ukuran sampel sebesar 283 orang guru Sekolah Dasar yang dipimpin oleh kepala sekolah perempuan di Denpasar Timur. Buku ini menguraikan 1) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan transformal para kepala sekolah perempuan dengan moral kerja guru; 2) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi dimensi sosiokultural para kepala sekolah perempuan dengan moral kerja guru; dan 3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan secaraa bersama-sama antar kepemimpinan transformasional, implementasi dimensi sosiokultural para kepala sekolah perempuan dengan moral kerja  guru.

Dengan demikian kepemimpinan transformasional dan implementasi dimensi sosiokultural para kepala sekolah perempuan, secara bersama memberi sumbangan yang berarti dalam meningkatkan moral kerja guru pada Sekolah Dasar di Denpasar Timur. Berdasarkan beberapa temuan tersebut dapat dikatakan untuk meningkatkan moral kerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan atau mengefektifkan pelaksanaan kepemimpinan transformasional dan implementasi dimensi sosiokultural para kepala sekolah perempuan di lingkuan Sekolah Dasar di Denpasar Timur.

Untuk memahami lebih lanjut tentang buku ini bagaimana proses studi kepemimpinan transformasional, dimensi sosiokultural dapat meningkatkan moral kerja guru Sekolah Dasar di Denpasar Timur silahkan membaca buku ini secara lebih rinci lagi. Suatu temuan penelitian yang bermakna dalam buku ini adalah para kepala sekolah perempuan mampu melaksanakan kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional tergolong suatu kepemimpinan harapan masa depan yang dapat meningkatkan kesejahtraan para guru.

Betapapun sederhananya buku ini, namun sangat menarik untuk dibaca, karena beberapa temuan penelitian dalam buku ini dapat didayagunakan untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Temuan ini sejalan dengan "Undang-Undang N0. 7 tahun 1984 tentang Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan.

Selanjutnya dalam Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dalam Advokasi Gender, mengatakan kesenjangan Gender terjadi di berbagai bidang pembangunan dengan ditandai oleh masih rendahnya peluang yang dimiliki oleh perempuan untuk bekerja dan berusaha serta masih rendahnya akses perempuan terhadap sumber daya ekonomi, teknologi, informasi, dan lain-lain.

Rendahnya peluang tersebut bisa berasal dari factor eksternal berupa "mental set" bahwa hanya laki-laki yanhg layak memimpin disamping "mental set" dari kaum perempuan sendiri yang cenderung merasa kurang percaya diri bersaing dengan kaum laki-laki dalam meraih dan merealisasikan kepemimpinannya.

Temuan lapangan memberikan petunjuk bahwa kepala sekolah di tingkat SMP dan SMA sangat kecil presentasenya yang mampu diraih oleh kaum perempuan. Salah satu hasil penelitian fundamental yang dilakukan tahun 2008 dengan biaya Dikti oleh Anggan Suhandana, dkk (2008), memberikan petunjuk bahwa guru-guru sekolah menengah perempuan terbebani oleh tugas-tugas sosial keagamaan yang cukup memberatkan disamping kompetensinya yang belum memadai untuk menembus "kotak mental rutinitas".

Mudah-mudahan temuan penelitian ini dapat menginspirasi kaum perempuan di tanah air guna menembus "kotak mental" tersebut diatas dengan meningkatkan kompetensi secara aktual sehingga mampu mendukung tugas dan tantang kepemimpinan di masa depan.


Biografi Penulis

Nama : Ni Putu Winanti, S.Ag.
Tempat dan Tanggal Lahir :
Mengwi, 20 Januari 1968
Riwayat Pendidikan :
SD 2 Mengwi, Tahun 1982
SMP Negeri Mengwi, Tahun 1985
PGAH Dharma Canasa Tabanan, Tahun 1988
STAH Parama Dharma Denpasar, Tahun 1998
Mahasiswa Program Pascasarjana Jurusan Manajemen Pendidikan Semester IV, IKIP Negeri Singaraja, Tahun 2004

Riwayat Pekerjaan :
    - Sebagai Karyawati di Super Market Tiara Dewata Tahun 1989-1993
    - Sebagai Guru Honor Taman Kanak-Kanak, TK Handayani II Tahun 1993 s/d 1997
    - Sebagai Personalia / Pengembangan SDM Super Ekonomi Denpasar Tahun 1997 s/d 1999
    - Sebagai Guru Honor Taman Kanak-Kanak, TK Titi Dharma Denpasar, Tahun 1999 s/d 2000
    - Sebagai Dosen STAH Negeri Denpasar dari Tahun 2000.

Pengalaman Organisasi :
    - Sebagai Sekretaris Dasa Wisma PKK Br Lumintang Denpasar
    - Sebagai Anggota Pengurus Balitbang PHDI Pusat
    - Sebagai Sekretaris III PHDI Provinsi Bali
    - Ikut aktif dalam kegiatan Musyawarah Musyawarah Intern Umat Beragama Dan Musyawarah Antar Umat Beragama
      Propinsi Bali

Hoby : Olah Raga, Musik, Diskusi
Moto : Jujur dan Disiplin dalam segala hal adalah jalan menuju kesuksesan
          : Berdebat untuk mencari kebernaran / Dharma adalah kerinduan sepanjang masa.